Latest News

CARA MEMPERCEPAT KOMPUTER MENGGUNAKAN OVERCLOCK


Komputer / laptop terasa lambat? anda merasa jengkel dengan hal tersebut?
Jangan terburu-buru, selain menngunakan software optimizer anda juga dapat melakukan overclock. Melakukan overclock sebenarnya melakukan setup kecepatan clock speed dari sebuah processor. Apakah bentuknya sebagai processor , atau sebuah VPU ( VGA), ataupun clock speed dari chip-set mainboard agar bekerja lebih baik.

Intinya, overclock adalah meningkatkan kecepatan clock speed. Misalnya VGA dengan kecepatan core 400Mhz dicoba ditingkatkan menjadi 450Mhz untuk mendapatkan tampilan gambar lebih baik. Procesor dari bus 200Mhz ditingkatkan menjadi 250Mhz agar kinerja proses rendering gambar dan aplikasi game lebih nyaman. Atau meningkatkan core chip-set untuk mendapatkan bandwidth lebih besar dari produk aslinya.
Contoh saja bila processor dengan kecepatan 1.6Ghz dengan bus 100Mhz, artinya processor bekerja pada kecepatan 16X100Mhz akan menghasilkan kecepatan processor 1600Mhz atau 1.6GHz. Dengan merubah bus FSB pada option BIOS misalnya dari 100Mhz menjadi 133Mhz maka computer akan bekerja dengan kecepatan 2.1GHZ atau 16X133Mhz yang menghasilkan kecepatan 2.1Ghz atau 2.128Mhz. Apakah sedemikian mudah melakukan overclock. Betul, hanya dengan cara inilah computer dapat dipacu dan sedemikian mudahnya seseorang melakukan overclocking.
Selain itu, overclock juga dapat dilakukan dengan menggunakan software tetapi Overclock yang berlebihan akan menyebabkan Pocket PC menjadi hang atau rusak sama sekali. Jadi gunakan tips ini secara bijak. Lakukan dengan resiko anda sendiri.


OVERCLOCKING DENGAN XCPUScalar
 XCPUScalar adalah salah satu software yang disarankan oleh overclocker Pocket PC. Selain mudah dioperasikan, fasilitas cukup lengkap dan mudah dimengerti. Meski tak 100% gratis, namun anda sudah bisa menaikkan speed CPU anda dengan versi gratisannya(trial). Dapatkan softwarenya di SINI
Setelah terinstal akan muncul ikon di menu program. Tekan menu tersebut untuk mengakses aplikasi ini. Sebelumnya anda harus mengetahui kecepatan procesor Pocket PC anda, misalnya ARM Xscale 200 Mhz. Anda dapat menambah kecepatannya dengan menekan tab speed dan menggeser slider dari arah slower ke faster. Geser sedikit kemudian tekan "OK". Jika Pocket PC anda berjalan stabil dan tidak mengalami gangguan, lakukan kembali penambahan speed dengan sedikit menggeser slider ke kanan, kemudian memencet tombol"OK". Lakukan hingga kecepatan Pocket PC anda dirasa cukup memadai dan sistem Pocket PC anda masih stabil. Untuk melakukan pembatalan setting masuklah ke menu FILE > CANCEL. Untuk mengetahui kestabilan sistem, anda dapat mengakses tab meters. Terdapat menu CPU meter, battery life, memory storage dan memory program. Untuk mengetahui load kerja CPU fokuskan pada menu CPU meter. Untuk pengaturan lebih lanjut masuklah ke menu ADVANCED SPEED SETTING. Disitu anda akan mendapatkan pilihan seberapa penuh kecepatan CPU yang akan anda gunakan. Jika anda masih penasaran dan ingin meningkatkan kecepatan prosesor Pocket PC anda diatas 500 Mhz. Perlu diingat meningkatkan speed diatas 500 Mhz cukup beresiko besar dan mungkin tidak berhasil dilakukan pada Pocket PC anda.


OVERCLOCKING DENGAN POCKET HACK MASTER
Pocket Hack Master juga banyak disarankan oleh overclocker Pocket PC. Anda dapat mendownload versi trialnya di SINI. Untuk menentukan seberapa jauh anda bisa 'menarik' prosesor Pocket PC anda, ada baiknya anda melakukan test dahulu. Caranya masuklah ke menu SPEED CONFIGURATION. Sebagai contoh jika anda memiliki Pocket PC berkecepatan CPU 300 Mhz, anda bisa memilih untuk melakukan test mulai dari 308 Mhz hingga 3-4 speed diatasnya. Tekan tombol "test" ujicoba akan segera dimulai. Jika lulus, lakukan test kembali hingga anda mencapai kecepatan tertinggi. Selanjutnya anda dapat menetapkan kecepatan yang anda inginkan melalui menu "set device speed". Jika anda mengetahui stabilitas kinerja Pocket PC anda setelah overclocking, pilih menu "CPU load monitor".


BENCHMARKING
 Gambar Diatas menunjukkan Healty sistem anda di aplikasi XPUscalar. Setelah meng-overclock anda dapat melakukan proses benchmarking atau pengukuran kinerja. Gunakan aplikasi spb benchmark. Lakukan benchmark sebelum dan sesudah proses overclocking dan bandingkan hasilnya.
Selamat mencoba.
(Di kutip dari berbagai sumber)


9 Responses to "CARA MEMPERCEPAT KOMPUTER MENGGUNAKAN OVERCLOCK"

Irvan [Kabeka] mengatakan...

wah ilmu baru ni buat saya, thx udah share gan :)

Awmad mengatakan...

Bahaya juga gan kalo lama lama gunain Overclock kek gitu

Membuat min jadi plus,

Unknown mengatakan...

Nice Khil :)
Trus Berkarya

Unknown mengatakan...

Irvan : Hehe iya gan :)
Corsy : Iya juga sih tapi ada sisi positifnya juga gan :)
Renaldy : Oke makasih renaldy :D

blogger14 mengatakan...

nice gan tambah pengetahuan ni..

Unknown mengatakan...

ada resiko nya gak nih?

Blog Tutorial IT mengatakan...

masa kuliah sering spt ini gan...pakai amd tp...

Anonim mengatakan...

Iya mas bagus tuh overclock :)
Tapi kalo overclock mah cepet panas PC :v kan itu performance nya PC di maximal kan semua :v , btw kalo mau overclock ane saranin mending VGA nya yang kuat tahan banting :v ( emang ada :v ) kalo model odong" mah paling overclock 2 bulan atau 3 bulan ( perkiraan ku ) udah kerasa PC kyk Oven kalo di biarin muli mah tinggal tunggu PC sering Restar sendiri sangking panasnya :v
Udah gini aja :v

@Raher

Unknown mengatakan...

iya namanya aja over :v ya musti persiapin, VGA khusus game gitu biar tahan lama :v